Empty
  1. Start
  2.  » 
  3. Petunjuk Upload: Mematuhi Prinsip-prinsip Islam dalam Logo Maskot dan Karakter

Petunjuk Upload: Mematuhi Prinsip-prinsip Islam dalam Logo Maskot dan Karakter


Halaman ini terkait dengan submission logo dengan kategori mahluk hidup dan bagaimana Logoku meresponsnya.

Pendahuluan:
Al-Quran tidak secara eksplisit melarang representasi visual dari makhluk hidup. Namun, dalam korpus hadis (ucapan yang diatributkan kepada Nabi Muhammad), terdapat larangan yang lebih eksplisit terhadap gambar makhluk hidup, menantang para pelukis untuk "menghidupkan" gambar mereka dan mengancam mereka dengan hukuman pada Hari Kiamat.

Bukti:
Berikut beberapa sumber yang telah kami sertakan, hadis dalam Islam yang berkaitan dengan hal tersebut.

Diceritakan oleh Aisha:
Istri Nabi membeli bantal dengan gambar hewan untuk Nabi duduk dan bersandar. Nabi tidak menyetujui pembuatan gambar semacam itu, menyatakan bahwa para pembuatnya akan dihukum pada Hari Kiamat ketika Allah akan meminta mereka menghidupkan ciptaan mereka. Hadis ini juga melaporkan bahwa Nabi menyatakan bahwa malaikat tidak akan masuk ke dalam rumah yang memiliki gambar.

— Muhammad al-Bukhari, Sahih al-Bukhari[44],
Referensi (Buku dalam Bahasa Inggris) Vol. 7, Book 62, Hadith 110
Referensi (Buku dalam Bahasa Arab) Book 67, Hadith 5181

Diceritakan oleh Ali ibn Abu Talib:
Safinah AbuAbdurRahman, Ali ibn Abu Talib, dan Fatimah mengundang Nabi untuk makan bersama. Ketika Nabi tiba, ia berpaling setelah melihat tirai bergambar di ujung rumah. Ali mengikuti Nabi untuk bertanya mengapa beliau berpaling. Nabi menyatakan bahwa tidak pantas bagi beliau atau nabi lainnya untuk masuk ke rumah yang dihias [dengan gambar-gambar].

— Abu Dawood, Sunan Abu Dawood[45],
Referensi (Buku dalam Bahasa Inggris) Book 27, Hadith 3746
Referensi (Buku dalam Bahasa Arab) Book 28, Hadith 20

Diceritakan oleh 'Aisha:
Ketika Nabi tiba dari perjalanan, beliau melihat dan merobek tirai dengan gambar yang diletakkan oleh istrinya di pintu sebuah ruangan. Nabi tidak menyetujui pembuatan gambar semacam itu, menyatakan bahwa mereka yang mencoba membuat sesuatu seperti ciptaan Allah akan menerima hukuman yang paling berat pada Hari Kiamat.

— Muhammad al-Bukhari, Sahih al-Bukhari[46],
Referensi (Buku dalam Bahasa Inggris) Vol. 7, Book 72, Hadith 838
Referensi (Buku dalam Bahasa Arab) Book 77, Hadith 6019

Diceritakan oleh Said bin Abu Al-Hasan:
Said bin Abu Al-Hasan menceritakan percakapan antara seorang pria panik yang mencari nafkah dengan membuat gambar-gambar dengan Ibn 'Abbas. Ibn 'Abbas menyampaikan pesan yang didengarnya dari Nabi bahwa siapa pun yang membuat gambar akan dihukum tanpa henti oleh Allah sampai ia mampu memberikan kehidupan padanya - meskipun ia menyatakan bahwa itu tidak akan pernah mungkin. Hadis melaporkan bahwa Ibn 'Abbas juga menasihati pria panik tersebut untuk membuat gambar pohon dan objek mati lainnya.

— Muhammad al-Bukhari, Sahih al-Bukhari[50]

Aisha menjelaskan bahwa Nabi merobek tirai dengan gambar segera setelah melihatnya. Hadis melaporkan bahwa Nabi menyatakan siksaan yang paling berat dari tangan Allah pada Hari Kiamat akan diberikan kepada orang-orang yang meniru (Allah) dalam perbuatan penciptaan-Nya. Potongan yang robek dibuat menjadi bantal.

— Muslim ibn al-Hajjaj, Sahih Muslim[51],
Referensi (Buku dalam Bahasa Inggris) Book 24, Hadith 5261
Referensi (Buku dalam Bahasa Arab) Book 38, Hadith 5650

Anda dapat membaca ratusan artikel di Internet tentang hal ini dalam berbagai bahasa yang Anda gunakan atau bertanya pada ustadz Anda.

Kesimpulan:

Setelah pemikiran yang cermat dan pemeriksaan menyeluruh terhadap kebolehan menggambar atau merancang gambar makhluk hidup,

Kami telah mencapai keputusan:

Sebagai Muslim, kami diperintahkan untuk 'mendengar dan patuh' (Sami'na waato'na) dan untuk menghindari yang dilarang, bahkan jikapun masih menjadi perdebatan di kalangan ulama.

Oleh karena itu, jika Anda mengajukan logo maskot atau karakter, harap hindari menyertakan objek dengan elemen seperti mata.

Kami lebih memilih bentuk abstrak sebagai bentuk ketaatan terhadap prinsip-prinsip ini.

Pemahaman dan kerjasama Anda dalam menegakkan nilai-nilai ini sangat kami hargai.

Terima kasih atas perhatian Anda.

 

Hormat kami,

Tim LOGOKU